Mengkaji Game Edukatif (bagian 1)

Game edukatif merupakan  salah satu media pembelajaran bagi proses belajar mengajar. Pada kesempatan ini saya mencoba menulis berdasar pemikiran dan fakta yang saya temukan bagaimana seharusnya game edukatif dibuat agar efektif  untuk belajar anak. Mungkin yang menjadi alasan pertama game edukatif itu efektif untuk belajar anak adalah faktor daya tarik.

Game Edukatif kalau bolaeh saya ibaratkan seperti sajian makanan untuk anak. Anak  tersebut mau makan makanan itu dengan lahap tentu saja jika makanan tersebut enak. Begitu juga dengan game. Anak akan bermain dengan antusias jika game tersebut menaraik dengannya. Belum tentu anak akan langsung tertarik  belajar dengan game edukatif. Jika game itu kurang menarik  anaka hanya akan menyimaknya sesaat kemudian konsentrasi mereka berkurang. Lebih-lebih jika game itu digunakan untuk belajar anak secara mandiri di rumah. Jika game itu kurang menarik anak tersebut paling hanya memainkannya sebentar kemudian beralih ke kegiatan lain.

Hal pertama yang mempengaruhi ketertarikan anak untuk memainkan game edukatif ialah konten game tersebut. Konten yang dekat dengan si anak akan lebih membuat menarik di banding konten yang bersifat umum.

 

Sebagai contoh, saya pernah membuat sebuah game yang saya sisipi video murid saya yang sedang mencetak gol, setelah melihat geme tersebut si anak langsung ingin memikikinya. Contoh yang lain anak saya yang berusia 3,5 tahun juga fokus sejenak ketika melihat game yang ternyata ada video saya dan dia.  (bersambung)

 

 

Perihal argo suseno
Blog informasi

One Response to Mengkaji Game Edukatif (bagian 1)

Tinggalkan Balasan

