Dua Cara Jual Game Edukasi

Suatu pagi di bulan Januari 2013  saya melihat ada yang berbeda dari game-game saya yang saya beri iklan di mochimedia. Jika biasanya saya melihat iklan dari game saya berasal dari luar negeri. Sekarang saya melihat iklan dari Downy, Pantene, SK-II, Ambi Pur  yang berbahasa Indonesia. Dulu saya juga pernah melihat iklan yang berbahasa Indonesia pada game saya namun beberapa bulan ini tidak muncul dan sekarang saya melihatnya lagi.

Iklan dari Indonesia menurut saya merupakan pertanda baik bagi para developer game maupun developer produk multimedia lainnya di Indonesia. Kalau para pengiklan di negara kita biasanya menggunakan media televisi, surat kabar, radio dan   website namun dewasa ini para pengiklan di negara kita juga menggunakan media game online. Dan adanya pengiklan dari  Indonesia yang beriklan di game online berarti sang pengiklan mempercayai bahwa game online telah di konsumsi secara masal  di Negara Kira.

Hal ini merupakan harapan baik bagi para developer game dan produk multimedia lainya. Jika dahulu pada awal kemunculannya  untuk mendapatkan uang game dan produk multimedia dijual ke konsumen dalam bentuk CD, kini untuk ongkos produksi, pengembangan dan laba tentunya bisa di peroleh melalui iklan. Jadi sekarang ini penjualan game minimal  ada dua cara, yang pertama ,produk dijual dan dana datangnya dari si pembeli yang sekaligus si pemakai, yang kedua produk diberi iklan dan dana datangnya dari si pengiklan , disini  pemakai bebas memakai secara gratis. Game nampaknya sudah seperti  seperti acara televisi. Dewasa ini ada pengelola penyiaran televisi yang memperoleh pemasukan dari pengiklan dan ada pula  pengelola penyiaran televisi yang memperoleh pemasukan dari pelanggan siarannya.

Sekarang tinggal bagaimana aksi dari para developer game edukasi. Paling tidak game edukasi bisa menghasilkan uang dari dijual ke komsumen secara langsung ataupun di beri iklan.Untuk  menjual dengan dau cara tersebut mempunyai strategi  sendiri-sendiri. Dua cara tersebut juga butuh karakter produk game yang berbeda. Tapi yang jelas apapun caranya mengembangkan game edukasi dan menjualnya banyak manfaatnya.

Perihal argo suseno
Blog informasi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: