ROBOTIKA

FOTO DAN ANIMASI KEGIATAN ROBOTIKA SD AL IRSYAD AL ISLAMIYYAH 01 PURWOKERTO

VIDEO ESKUR ROBOTIKA

Robot masuk sekolah.

robots-03-june1ROBOT adalah tren pendidikan di masa depan. Meminjam perkataan Bill Gates,”Di masa mendatang, manusia akan tumbuh dan hidup bersama robot”. Jadi,mengenal robot sejak dini sangat diperlukan.

Bill Gates bukan orang pertama yang meramalkan hal ini. Sebelum dia, banyak sutradara film Hollywood menggambarkan masa depan dengan robot dan manusia hidup bersama-sama. Ramalan ini memang makin jadi kenyataan. Sejak 2005, sekolah-sekolah membuat robot mulai bermunculan.

Jangan mengira, hanya para pakar bergelar doktor atau profesor saja yang bisa membuat robot. Remaja bahkan anak-anak pun. Mau tahu?

11Robot adalah mesin yang bekerja secara mekanis dan dikendalikan oleh komputer. Karena itu, robot bisa melakukan gerak-gerak tertentu secara otomatis. Ia bisa bergerak ke sana ke mari, dan melakukan banyak hal. Di industri mobil misalnya, robot canggih bisa dipekerjakan untuk mengangkat, mengelas, atau mengecat mobil. Robot juga kerap digunakan untuk menjalankan tugas-tugas berbahaya. quran

Meski animo cukup tinggi, sampai saat ini pelatihan membuat robot justru masih tidak tersentuh di sekolah- sekolah formal. Padahal, di negara maju seperti Jepang, Singapura, dan Eropa, kegiatan merakit robot tidak lagi kegiatan di luar sekolah. Mereka bahkan telah memasukkan membuat robot dalam kurikulum pengajaran. Untuk menerapkan metode yang berdasar ilmu teknologi ini, dirasakan sulit. Selain kurangnya pemahaman akan guna robot tersebut, faktor lain yang ikut mempengaruhi adalah sulitnya pengembangan di tingkat pendidikan baik secara materil maupun birokrasi.

Sedari kecil, anak-anak sudah diminta bereksperimen dengan mengotak-atik robot Keadaannya jauh berbeda dengan di Indonesia. Di sini robot merupakan kata asing yang masih sangat berjarak dengan masyarakat, khususnya bagi para pelajar. Bahkan, ada anggapan belajar membuat robot cenderung mahal. Akibat anggapan ini, Indonesia cenderung tertinggal dibandingkan negara-negara lainnya.

Anggapan itulah yang ingin kami hilangkan. Padahal kursus robotik ini relatif murah dan tidak perlu beli peralatan karena sudah disediakan pengelola kursus.

Pentingnya robot masuk sekolah justru sudah disadari oleh kursus kursus membuat robot yang ada di Indonesia. Robo Club dari kota Bandung misalnya, telah menjalin kerja sama dengan beberapa sekolah dari tingkat SD hingga SMA untuk mengadakan kegiatan ekskul robotik di sekolah. Robo Club juga menjalin kerjasama dengan Lembaga Pendidikan Robotics di daaerah daerah. Di Wilayah Barlingmascakeb misalnya, bekerjasama dengan Lembaga Pendidikan Robotics Unik Robot.

Tujuan diadakannya kursus robot semata-mata ingin meningkatkan kreatifitas anak. Para ahli mengatakan membuat anak menjadi pintar itu mudah tetapi untuk kreatif itu sulit.

3 Responses to ROBOTIKA

  1. 3ninjas mengatakan:

    ustadz artikel lainnya apa

  2. sulistyo85 mengatakan:

    Kapan Robot Masuk Desa?

  3. junaedi mengatakan:

    sy berminat mendirikan lembaga kursus robotik dicirebon.sistem bisa bagi hasil. bs kerjasama ga utk itu. hub. sy di 0818232869

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: